Rabu, 11 Januari 2012

Kereta PPCW

Kereta PPCW atau lebih tepatnya disebut gerbong PPCW digunakan untuk mengangkut barang yang berupa peti kemas alias container walaupun bisa juga untuk mengangkut yang lain semisal tank atau kereta jenis lain. gerbong ini paling sederhana bentuknya. hanya berupa gerbong datar tanpa atap dan dinding. untuk lantai dari gerbong ini ada yang berupa susunan kerangka dan ada pula model yang lebih lama yang memakai lembaran plat utuh untuk lantai. untuk model yang lain ada yang dilengkapi dengan semacam crane.
gerbong ini memiliki kode P yang merupakan singkatan "Platte wagens", yang berarti  gerbong datar. kode ini sudah digunakan sejak zaman belanda. sementara kode PP menunjukkan kalau gerbong tersebut memiliki roda bergandar empat. kode C menunjukkan salah satu tipe rem yaitu rem udara bertekanan (compressed air brake) dan kode W diambil dari produsen sistem rem ini yaitu "Westinghouse Air Brake Company".

walaupun desain dan penampilanya sangat sederhana tapi kemampuan angkutnya tak bisa dibilang sederhana.untuk kekuatan,gerbong ini memiliki kapasitas angkut hingga 50 ton. hampir sama dengan kekuatan angkut gerbong batubara.karena sangat sederhana sampai disini saja ulasan tentang PPCW.walaupun sederhana mungkin untuk kedepannya PPCW ini bisa lebih dikembangkan lagi.

2 komentar:

  1. om..
    arti kode "B" di KKBW apa itu kode tipe rem juga?

    dan bagimana dengan arti kode dari PKPKW
    trims..

    BalasHapus
  2. Mohon maaf gan. Kayaknya ada yg salah pada ulasan ini. Coba lihat, ada berapa lingkaran di rangka tertumpuk tapi pada foto terakhir. 1 lingkaran menandakan 1 gandar. Tpi disitu ada 3 lingkaran. Berarti ada 3 gandar per bogie. Total ke seluruhan 6 gandar.

    BalasHapus