Selasa, 10 Januari 2012

KKBW sang pengangkut mutiara hitam

KKBW adalah nama resmi untuk gerbong pengangkut batubara. KKBW ini sering dijumpai di lokasi-lokasi penambangan batubara, jadi kalian tidak akan menemukan KKBW ini di pulau jawa kecuali di Pabrik pembuatnya. KKBW ini mengangkut batubara dari lokasi pertambangan ke daerah pemakai misalnya PLTU atau ke pelabuhan untuk di supply ke berbagai daerah.
Waktu saya tugas ke sumatra tepatnya dilampung, rangkaian KKBW biasa disebut Babaranjang (BatuBara Rangkaian Panjang) dan satu rangkaian kereta bisa sampai 50 gerbong dengan penarik minimal 2 lokomotiv jenis CC. jadi kalau lagi di sumatra dan ada babaranjang lewat, siap-siap aja menunggu lama di perlintasan kereta api dan lebih cocok sambil minum kopi.
Keberadan KKBW ini penting sekali untuk distribusi batubara ke PLTU maupun ke berbagai daerah. makanya setiap tahun selalu meningkat jumlah permintaan gerbong batubara ini.
Sebenarnya tidak cuma batubara yang bisa diangkut Dengan KKBW. hasil tambang lain seperti pasir besi dan pasir kuarsa juga bisa diangkut dengan gerbong ini, tetapi memang hampir 905 penggunaanya untuk mengangkut batubara.Kapasitas angkut satu gerbong KKBW bisa mencapai 53 ton.


1 komentar:

  1. rangkaian babaranjang saat ini bertambah hingga 60 gerbong, tak heran jika kemacetan sering terjadi diperlintasan kereta api, perlu adanya jembatan layang untuk mengatasi kemacatan ini

    BalasHapus