Jumat, 18 Februari 2011

KRDE "Arek Surokerto"

KRDE “Arek Surokerto” merupakan hasil modifikasi dari Kereta Rel Listrik (KRL) menjadi KRDE, dengan lingkup pengerjaan meliputi penggantian komponen utama, perbaikan carbody existing dan penambahan 1 unit kereta (carbody) baru pada setiap set KRDE. 
Perubahan mendasar adalah pada sumber daya utama yang semula berasal dari listrik aliran atas menjadi 2 unit diesel generator set aplikasi traksi kereta api dengan kapasitas masing-masing 559 kw dipasang pada trailer engine cabin. Modifikasi KRL menjadi KRDE merupakan hasil pekerjaan industri perkeretaapian dalam negeri yaitu PT. Industri Kereta Api (PT. INKA) Madiun. 
Kereta ini terdiri dari 2 set (sepuluh unit) yang digunakan untuk melayani jalur Surabaya - Mojokerto. Satu set KRDE terdiri dari 5 unit kereta yang terdiri dari : 2 unit kereta dengan engine dan masinis, 2 unit kereta motor dan 1 unit kereta trailer. Pada kondisi beban normal 1 set KRDE dapat mengangkut total penumpang duduk dan berdiri sebanyak 920 orang. dengan adanya KRDE ‘Arek Surokerto’ diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Surabaya dan Mojokerto akan transportasi kereta api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar