Minggu, 27 Maret 2011

TGV Kereta Listrik tercepat dari Perancis

TGV yang merupakan singkatan dari train à grande vitesse, yang berarti kereta kecepatan tinggi merupakan kereta express bertenaga listrik yang Dikembangkan oleh Alstom dan SNCF, dan dioperasikan oleh SNCF, Perusahaan rel Nasional Prancis. Kereta ini menghubungkan kota-kota di Prancis terutama Paris, dan juga negara-negara tetangga, seperti Belgia, Jerman, dan Swiss. TGV atau kereta yang berdasarkan TGV juga beroperasi di Belanda, Korea Selatan, Spanyol, dan Britania Raya dan Amerika Serikat. Kereta TGV diproduksi oleh Alstom.
TGV adalah kereta penumpang, namun ada juga yang digunakan untuk pengiriman surat antara Paris dan Lyon.
Ide TGV pertama kali diusulkan pada 1960-an. Prototipe pertama, dikenal dengan TGV 001, menggunakan turbin gas dan memproduksi listrik sendiri dari minyak, tapi setelah krisis energi 1973 dan peningkatan harga minyak yang tinggi, ide ini dianggap tidak praktis. Prototipe listrik pertama diselesaikan pada 1974, dengan versi akhir diantar pada 1980 dan pelayanan pertama dibuka umum antara Paris dan Lyon pada 27 September 1981.
Sejak itu, jalur lain menuju Tours/ Le Mans, Calais, Brussels dan Marseille telah dibuka. Jalur menuju Strasbourg sedang dalam pembangunan. Dan juga jalur lain ke luar Prancis yang sedang dibangun ada menuju London,Cologne, dan Amsterdam. Pengembangan lebih lanjut ke Spanyol dan Italia masih dalam perencanaan.
TGV bukan kereta cepat pertama, karena Shinkansen Jepang yang menghubungkan Tokyo dan Osaka telah dibuka sejak 1 oktober 1964, hampir 17 tahun lebih awal dari TGV.
Satu versi kereta TGV Perancis yang dipersiapkan secara khusus, resmi memecahkan rekor kereta tercepat dunia dengan kecepatan 574,8 kilometer per jam.
Rekor tersebut dipecahkan lewat jalur baru TGV yiatu Paris-Strasbourg yang jaraknya sekitar 200 kilometer.
Kereta khusus itu terdiri dari dua lokomotif dan tiga gerbong penumpang, dan di antara setiap gerbong penumpang terdapat mesin tambahan.
Rekor tersebut memecahkan rekor sebelumnya, yang juga diperoleh TGV yang pada 18 Mei 1990 dengan kecepatan 515,3 kilometer.
Sebetulnya, pada 14 Februari 2007 TGV mencapai kecepatan 553 kilometer per jam, dan bahkan kemudian menembus 568 kilometer per jam, namun kecepatan itu tidak dibukukan secara resmi.
Rekor baru tersebut hanya terpaut sedikit dengan kereta Maglev (mengambang secara magnetis) Jepang yang punya kecepatan 581 kilometer per jam, namun TGV memegang rekor tercepat untuk kereta konvensional yang berpijak pada rel

Diambil dari : Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar